Membaca kitab arab gundul [tulisan arab tanpa harakat] atau disebut juga kitab kuning adalah sebuah kemampuan yang seharusnya dimiliki oleh setiap penimba ilmu syar’i dan para calon da’i. Kemampuan membaca kitab gundul akan sangat membantu setiap muslim dan muslimah dalam memahami dalil Al-Kitab maupun As-Sunnah.

Ilmu yang menopang kemampuan ini adalah nahwu dan sharaf. Ilmu nahwu adalah ilmu kaidah bahasa arab yang membahas tentang keadaan akhir kata di dalam kalimat dan perubahan yang terjadi padanya. Adapun ilmu sharaf adalah ilmu kaidah bahasa arab yang membahas pembentukan kata sebelum disusun ke dalam kalimat.

Kedua ilmu ini sangat penting untuk dipelajari. Dengan memahami ilmu nahwu seorang akan bisa membedakan antara pelaku [fa’il] dan objek [maf’ul bih]. Dengan memahami ilmu nahwu seorang akan mengenali keadaan akhir dari suatu kata; apakah ia bisa berubah akhirannya ataukah tetap. Dengan ilmu nahwu pula seorang akan bisa membaca akhir kata dengan benar; apakah ia harus dibaca dhammah, fat-hah, atau kasrah misalnya.

Ilmu sharaf juga tidak kalah pentingnya. Karena dengan memahami sharaf kita bisa mengetahui asal suatu kata dan pola-pola perubahannya. Suatu kata kerja bisa diubah menjadi kata benda. Suatu kata kerja aktif bisa diubah menjadi kata kerja pasif. Bagaimana cara membentuk kata perintah, dan lain sebagainya. Semua ini bisa dipelajari dalam ilmu sharaf atau disebut juga ilmu tashrif.

ngaji baca kitab sendiri di tanah lapang
ngaji baca kitab sendiri di tanah lapang

Dalam dunia pesantren lomba membaca kitab kuning adalah suatu hal yang pasti ada dan di geluti oleh santri. diwarisi oleh para ulama terdahulu ataupun para muallim. belakangan hari ini para santri sudah menyiapkan diri untuk menghadapi lomba baca kitab yang akan di selenggarakan pada 20 Mei 2017.

Para santriwan dan santriwati sangat antusias dan sangat bersemangat dalam mengikuti lomba ini. tujuan lomba ini selain sebagai persatuan umat muslim juga sebagai langkah dakwah untuk memperjuangkan para penerus tokoh islam dunia dan akherat.

SHARE

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY